Social Icons

Pages

Selasa, 12 Juni 2012

:: ciri-ciri Pemrograman Berbasis Obyek ::

1. Abstraksi (abstraction)Abstaksi adalah pengabstrakan atau penyembunyian kerumitan dari suatu proses. contoh, orang tidak perlu berpikir bahwa mobil adalah kumpulan dari puluhan atau ribuan bagian-bagian kecil. Orang hanya perlu berpikir bahwa mobil adalah sebuah objek yang telah memiliki prilaku spesifik, yang dapat digunakan sebagai alat transportasi, sehingga tinggal menggunakannya tanpa harus mengetahui kerumitan proses yang terdapat di dalam mobil tersebut.
2. Pembungkusan (encapsulation)

dengan kata lain sebenarnya proses pembungkusan itu sendiri merupakan cara atau mekanisme untuk melakukan abstraksi. proses semacam ini dinamakan dengan penyembunyian informasi ( information Hidding ).

Dalam melakukan pembungkusan kode terdapat 3 tingkat akses, yaitu :
Tingkat Akses Private: data dan method tersebut hanya dapat diakses oleh kelas yang memilikinya saja.
Tingkat Akses Protected: yang di deklarasikan dengan tingkat akses protected dapat diakses oleh kelas yang memilikinya dan juga oleh kelas - kelas yang masih memiliki hubungan turunan
Tingkat Akses Public: Data maupun method yang bersifat publik dapat diakses oleh semua bagian di dalam program (kebalikan dari Tingkat Akses Private).

3. Pewarisan (inheritance)adalah proses pewarisan data dan method dari suatu kelas kepada kelas yang lain. Pewarisan ini bersifat menyeluruh

4. Polimorfisme (polymorphism)
Merupakan kemampuan suatu objek untuk mengungkap banyak hal melalui satu cara yang sama.
Sebagai contoh, kelas A yang diturunkan menjadi kelas B,C dan D. Dengan konsep polimorfisme, kita dapat menjalankan method-method yang terdapat pada kelas B,C dan D hanya dari objek yang di instansiasi dengan kelas A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar