Social Icons

Pages

Selasa, 05 April 2011

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

A. PENGERIAN TANGGUNG JAWAB
Diartikan, keadilan wajib menanggung segala kesatuannya. sehingga bertanggung jawab berkewajibkan menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah lau atau perbuatan yang di sengaja maupun yang tidak sengaja. tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesatuan kesadaran akan kewajibannya.

B. MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB

A) Tanggung jawab terhadap diri sendiri
tanggung jawab terhadap diri sendiri menurut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajiban sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.

B) Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami-istri, ayah-ibu dan anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan , sekamatan , pendidikan , dan kehidupan

C) Tanggung jawab kepada Bangsa/ Negara
suatu kenyataan bahwa setiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terkait oleh norma norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. bila perbuatanya manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara

E) Tanggung jawabterhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumu ini bukan lah tana tanggung jawab melainkan untuk mengisi kehipupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak lepas dari hukum-hukum Tuhan yang di tuangkan dalam berbagai kitab sucu melalui bermacam-macam agama

C. PENGABDIAN DAN PENGORBANAN
wujud tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan. pengabdian dan pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepenting manusia itu sendiri.

A. Pengabdian
pengabdina adalah perbuaan baik yang berupa pikiran, pedapat ataupun tenaga sebagai perwujutan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar