Etiquette atau etika, berasal dari bahasa Perancis yang
secara harfiah berarti tanda atau label. Etiket atau etika adalah kode perilaku
social yang sesuai dengan norma-norma masyarakat.
Manners atau tata krama melibatkan banyak bentuk
interaksi sosial norma budaya, misalnya tata krama candaan atau tata krama
karakter seorang pelukis. Etika dan tata krama memiliki hubungan yang sangat
erat seperti sebuah kesatuan hukum dengan peraturan yang mengatur perilaku
seseorang namun peraturan tersebut tidak tertulis, itulah yang disebut denganNorm atau Norma.
Etika dipengaruhi oleh kultur suatu bangsa dan dapat
sangat berbeda di setiap tempatnya. Misalnya seperti etika berkomunikasi di
Korea yang sangat mementingkan tingkatan bahasa setiap pembicaranya, masyarakat
Korea lebih dapat menerima kata-kata yang terbilang kasar dibandingkan
seseorang yang berbicara tanpa memerhatikan tingkatan bahasa yang digunakannya.
Komunikasi adalah suatu proses dalam mana seseorang
atau beberapa orang menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan
lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau
verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa
verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan
dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, seperti
tersenyum, menggelengkan kepala, atau mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut
komunikasi nonverbal.
Etika dalam Teknologi
Etika dalam teknologi menentukan tingkah laku seperti apa
yang dapat diterima dalam situasi digital. Peraturan etika berkomunikasi di
Internet atau jejaring sosial berbeda dengan aturan etika individual.
Berkomunikasi melalui Internet tanpa menimbulkan kesalahpahaman tentu menjadi
suatu hal yang menantang, dimana ekspresi wajah dan gerak tubuh tidak bisa di
interpretasikan di dunia digital.
Secara teknis, Internet adalah Hyper Text Mark up
Language (HTML) yang menampilkan data dan mengijinkan program lainnya agar
dapat berfungsi. Program-program tersebut ditulis dalam berbagai macam kode dan
format. Data-data yang ada ditransmisikan dalam sebuah paket yang memerlukan
sebuah alat untuk dapat mengaksesnya. Internet menampilkan data dalam berbagai
macam format yang ditransmisikan melalui kabel dan frekuensi radio.
Internet sebagai penampil data juga memiliki sebuah aturan
etika yang disebut Netiquette.
Netiquette
Netiquette adalah sekumpulan aturan sosial yang
memfasilitasi interaksi dalam sebuah jaringan internet mulai dari penggunaan
Usenet dan email hingga blog dan berbagai forum.
Netiquette dapat membuat komunikasi online menjadi lebih
nyaman untuk setiap penggunanya jika diikuti dengan benar.
Netiquette di era Media Sosial
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para
penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi
meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring
sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh
masyarakat di seluruh dunia. Kini banyak dari masyarakat dunia menggunakan
Jejaring Sosial seperti contohnya, Facebook, Twitter, YouTube , dan lain-lain.
Berikut adalah etika dalam menggunakan jejaring sosial
yangpenting untuk disimak :
1. Jangan memberikan informasi yang tidak penting
Banyak pengguna jejaring sosial seperti facebook dan twitter
melakukan update saat berada di tempat baru sebagai bentuk ungkapan perasaan
atau curahan hati. Namun apakah anda sadari banyak dari teman-teman anda yang
tidak menyukainya ? Kemungkinan terburuk adalah mengeluarkan anda dari daftar
pertemanannya.
2. Hindari menggunakan kata-kata kasar
Menggunakan kata-kata kasar dalam dunia nyata saja sungguh
tidak enak didengar , begitupun dalam dunia maya seperti jejaring sosial.
3. Hindari memberikan status motivasi
Mungkin niat anda baik, namun memberikan motivasi kepada
teman namun jika pada kenyataannya anda memberikan motivasi tanpa
mempraktekannya, ini akan menjadi bahan gunjingan
4. Bukan pakar media sosial
Jika Anda bukanlah seorang pakar dalam suatu hal,
bisnis misalnya, jangan bertindak seperti seorang pakar yang selalu membahas
mengenai cara berbisnis atau apapun di dunia maya dengan menggunakan media
sosial.
5. Pahami tentang perbedaan
6. Sopan
7. Memiliki Batasan dalam Berekspresi
8. Batasi Keluhan yang Dapat di Ketahui Publik
9. Pro aktif dalam Komunikasi
10.Hargai usaha orang lain
Source:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar